Melakukan donor darah, benarkah kita merugi untuk berbagi?

Oktober 9, 2011 at 8:53 am Tinggalkan komentar

Kalau diantara kita ditanya, kapan peringatan Hari PMI, maka saya yakin banyak diantara kita yang akan susah menjawabnya, demikian pula ketika ditanya apa saja kegunaan mendonorkan darah atau sudah pernahkah mendonorkan darah, maka kita akan melihat wajah kebingungan dari yang ditanya. Maka sungguh beruntung para pemirsa TV yang sempat menonton tayangan Kick Andy pada 30 September 2011 karena mendapat pecerahan dari nara sumber yang memang mengalaminya sendiri serta kita kembali diusik hati nurani kita untuk kembali berpikir menjadi pendonor darah yang mungkin selama ini telah ada keinginan dalam hati namun belum sempat terealisasikan.
Dari http://id.wikipedia.org/wiki/Palang_Merah_Indonesia, tugas pokok PMI adalah membantu pemerintah Indonesia di bidang sosial kemanusiaan terutama tugas-tugas kepalang-merahan yang meliputi: Kesiapsiagaan Bantuan dan Penanggulangan Bencana, Pelatihan Pertolongan Pertama untuk Sukarelawan, Pelayanan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat, Pelayanan Transfusi Darah.
Kinerja PMI dibidang kemanusiaan dan kerelawanan mulai dari tahun 1945 sampai dengan saat ini antara lain sebagai berikut:
1. Membantu saat terjadi peperangan/konflik. Tugas kemanusiaan yang dilakukan PMI pada masa perang kemerdekaan RI, saat pemberontakan RMS, peristiwa Aru, saat gerakan koreksi daerah melalui PRRI di Sumbar, saat Trikora di Irian Jaya, Timor Timur dengan operasi kemanusiaan di Dilli, pengungsi di Pulau Galang.
2. Membantu korban bencana alam. Ketika gempa terjadi di Pulau Bali (1976), membantu korban gempa bumi (6,8 skala Richter) di Kabupaten Jayawijaya, bencana Gunung Galunggung (1982), Gempa di Liwa-Lampung Barat dan Tsunami di Banyuwangi (1994), gempa di Bengkulu dengan 7,9 skala Richter (1999), konflik horizontal di Poso-Sulteng dan kerusuhan di Maluku Utara (2001), korban gempa di Banggai di Sulawesi Tengah (2002) dengan 6,5 skala Richter, serta membantu korban banjir di Lhokseumawe Aceh, Gorontalo, Nias, Jawa Barat, Tsunami di Nangroe Aceh Darussalam, Pantai Pangandaran, dan gempa bumi di DI Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah. Semua dilakukan jajaran PMI demi rasa kemanusiaan dan semangat kesukarelawanan yang tulus membantu para korban dengan berbagai kegiatan mulai dari pertolongan dan evakuasi, pencarian, pelayanan kesehatan dan tim medis, penyediaan dapur umum, rumah sakit lapangan, pemberian paket sembako, pakaian pantas pakai dan sebagainya.
3. Transfusi darah dan kesehatan.
Pada tahun 1978 PMI memberikan penghargaan Pin Emas untuk pertama kalinya kepada donor darah sukarela sebanyak 75 kali. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 1980 telah diatur tentang tugas dan peran PMI dalam pelayanan transfusi darah. Keberadaan Unit Transfusi Darah PMI diakui telah banyak memberikan manfaat dan pertolongan bagi para pasien/penderita sakit yang sangat membutuhkan darah. Ribuan atau bahkan jutaan orang terselamatkan jiwanya berkat pertolongan Unit Transfusi Darah PMI. Demikian pula halnya dengan pelayanan kesehatan, hampir di setiap PMI di berbagai daerah memiliki poliklinik secara lengkap guna memberikan pelayanan kepada masyarakat secara murah.
4. Untuk menjaga perdamaian dunia (http://id.wikipedia.org/wiki/Palang_Merah_Indonesia)
Adapun 7 (tujuh) Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah Internasional dan Bulan Sabit Merah Internasional
1. Kemanusiaan (humanity)
2. Kesamaan (impartiality)
3. Kenetralan (neutrality)
4. Kemandirian (independence)
5. Kesukarelaan (voluntary service)
6. Kesatuan (unity)
7. Kesemestaan (universality)
Dari paparan diatas, salah satu tugas mulia PMI adalah menyediakan kebutuhan darah bagi yang memerlukannya dan melakukan pengambilan darah dari pendonor dengan cara aman,sehat dan terkontrol.
Kita tahu PMI selama ini menjadi lebih dikenal karena kepemimpinan yang kuat dari Pak Mari’e Mohammad ,mantan Menteri Keuangan yang dikenal dengan Mr Clean yang telah memajukan PMI dengan segala keterbatasannya .
Kemudian dilanjutkan dengan gaya kepemimpinan Pak Jusuf Kalla yang banyak melakukan terobosan untuk meningkatkan kinerja dan mengenalkan peran PMI ditengah masyarakat.
Dalam http://kickandy.com/theshow/1/1/2181/read/SETETES-DARAH-UNTUK-KEHIDUPAN ,saat ini dibawah kepemimpinan mantan Wakil Presiden RI – Jusuf Kalla, program baru yang dilakukan PMI untuk mendapatkan donor darah adalah dengan upaya jemput bola kepada pendonor. Karena itu PMI membuat sederet terobosan, antara lain membuka gerai UDD (Unit Donor Darah) di beberapa tempat seperti, kampus dan pusat perbelanjaan. PMI berusaha menjadikan aktifitas donor darah kini menjadi sebuah tren gaya hidup baru.
Aktifitas donor darah ini semakin menjadi lifestyle dan agenda penting ketika media sosial ikut berperan. Seperti yang dilakukan seorang online social media publisher, Valencia Mieke Randa – dengan komunitas Blood For Life (BFL). Berawal dari mailing list berkembang ke social media lainnya seperti Facebook ataupun Twitter. Dari hanya 44 orang anggotanya, kini telah mencapai hampir 4000an dan tersebar di seluruh Indonesia. Mereka yang tergabung dalam BFL adalah sekumpulan orang-orang yang siap mendonorkan darahnya untuk siapa saja yang membutuhkan. Kapan dan dimanapun, selama golongan darah yang dibutuhkan sama dan kondisinya memungkinkan, semua anggota BFL rela menyumbangkan darahnya. BFL tidak menerima uang dan mereka hanya berusaha untuk menggugah hati orang banyak dengan mengatakan, “Sekantung darah yang mereka donorkan tak akan berarti, merugikan, atau mengubah apa pun pada diri mereka, tapi sangat berarti bagi orang lain”. Tak heran bila BFL dinobatkan sebagai Web Hero oleh Google Chrome.
Dari website PMI diberitakan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla membuka resmi acara bertajuk “Indonesia Berdonor” dalam rangka Hari Radio di Gedung RRI, Jakarta, Kamis pagi (8/9/2011). Kegiatan berupa aksi donor darah ini dilakukan serentak di seluruh stasiun RRI se-indonesia. Ditargetkan, hari ini akan mencapai perolehan hingga 3.000 kantong darah.
“RRI selaku salah satu media massa nasional, juga berperan sebagai penyampai informasi, menyajikan hiburan yang mendidik masyarakat, dan membangun karakter bangsa. Dalam rangka hari Radio ke-66, kami menggelar aksi donor darah serentak di seluruh stasiun RRI di Indonesia. Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat membantu ketersediaan darah sesuai standar nasional,” ucap Rosarita Niken, Direktur RRI, dalam acara Indonesia Berdonor di Gedung RRI, Jakarta, Kamis (8/9/2011).
Acara ini juga disambut sangat baik oleh pihak PMI. “Kami ucapkan terima kasih atas dukungan RRI dalam hal menghimpun para pedonor darah di seluruh Indonesia. Baik itu di stasiun-stasiun radio, di kampus-kampus, sekolah-sekolah, pesantren-pesantren, tempat-tempat ibadah, bahkan di pusat-pusat perbelanjaan, aksi donor darah ini tetap bisa dilakukan karena kebutuhan ketersediaan darah nasional masih harus dipenuhi,” tegas Ketua Umum PMI Jusuf Kalla dalam siaran langsung RRI di acara pembukaan Indonesia Berdonor di Gedung RRI, Jakarta, Kamis (8/9/2011).
Dengan mendonor sebenarnya kita tidak akan pernah merugi dan berkurang sedikitpun meski kita melihat secara kasat mata darah yang dikeluarkan dan ditampung dalam kantong darah minimal 250 ml, namun secara prinsip menyumbangkan darah dalam artian yang sebenarnya kita tidak kehilangan apapun karena kalaupun darah tidak didonorkan maka dengan sendirinya darah akan akan hilang karena diganti dengan pembentukan darah yang baru. Namun jika kita mau meluangkan waktu dan hanya sedikit rasa sakit seperti digigit semut untuk memberikan darah yang akan terbuang percuma kepada yang membutuhkan maka nurani kita akan lebih damai dan tenteram karena kita mampu memaknai kehidupan dengan menyumbang apa yang dapat kita sumbangkan namun disisi lain sangat berguna bagi yang membutuhkan.
Untuk pendonor sendiri banyak keuntungan yang didapat antara lain, seperti yang disharing kan dalam http://bloodforlife.wordpress.com/;
Bagi sahabat BFL yang belum donor atau telah donor namun belum mengetahui apa manfaatnya bagi pendonor, inilah manfaat donor:
1. Pada saat tes kesehatan sebelum donor, dokter akan memastikan secara keseluruhan apakah anda saat itu bisa donor atau tidak. Untuk itu sebagai calon pendonor/standby donor, mau enggak mau jaga kesehatan terus menerus. Ini #ManfaatDonor
2. Untuk pendonor reguler, tiap 3 bulan sekali dicek kesehatannya secara gratis, minimal tahu kadar HB, tekanan darah dsb. Jadi tahu kondisi sendiri.
3. Untuk pendonor apheresis karena harus terus menerus standby mau tidak jadi jaga kesehatan lebih ketat.
4. Jika terinfeksi HIV atau darah donor reaktif & tdk lolos screening PMI akan kirim surat pemberitahuan.
5. Dengan donor anda bisa mengurangi resiko sakit jantung.
6. Setelah donor dibutuhkan 4-8minggu untuk mengganti sel darah yang hilang proses ini malah bagus untuk tubuh.
7. Dengan donor sudah dipastikan tweeps menolong orang lain.
8. Satu langkah kecil beberapa menit saja & melawan ketakutan mendonor bisa jadi akan memperpanjang hidup seseorang hingga bertahun-tahun sesudahnya.
9. Satu kantong darah yang didonorkan bisa digunakan utuk menyelamatkan 3 orang.
10. Dengan kesadaran mendonor & kesediaan mendonor, maka kita mengurangi ketakutan menipisnya persediaan darah saat dibutuhkan.
11. Dengan kesadaran & kesediaan donor & menjadi standby donor, maka bersama-sama kita menciptakan masyarakat yang lebih baik.
12. Dengan mendonor anda tidak hanya menyelamatkan seseorang tapi juga telah membuat keluarga, sahabat dan orang terkasih di belakang penerima donor lega dan bisa tersenyum.
Jadi tunggu apalagi? Blood donor is new lifestyle, sudah donor hari ini?
Salam,
-mod-
Y.A.
Dalam tayangan Kick Andy, Pak JK secara gampang mengilustrasikan melakukan donor darah seperti halnya sebuah arisan, dimana saat ini kita yang memberi, namun suatu saat kita sendiri atau keluarga dan saudara kita yang justru membutuhkan darah sehingga sangat diharapkan kesadaran warga Negara Indonesia untuk terus menjadi pendonor tetap dan rutin karena darah belum dapat tergantikan oleh apapun dan setetes darah anda adalah harapan untuk tetap hidup bagi yang sangat membutuhkannya.
Pengalaman pribadi selama menjadi pendonor tetap dan rutin, tidak ada yang rugi dengan menjadi pendonor darah, justru banyak keuntungan yang didapat minimal meski kita tidak punya harta untuk dibagi, tapi kita masih punya”sesuatu yang berharga” yang dapat diberikan tanpa kita kehilangan yakni DARAH.
Selain itu menjadi donor darah mampu memupuk solidaritas universal karena kita tidak perlu tahu untuk siapa darah diberikan, yang penting adalah darah yang kita donorkan mampu menyelamatkan bagi penderita yang membutuhkan transfusi darah tanpa memandang SARA dan seperti sebuah layaknya sebuah iklan produk minuman , donor darah dapat dilakukan oleh siapa saja yang memenuhi persyaratan, kapan saja (minimal 3 bulan sekali) dan dimana saja selama ada perwakilan PMI. Menjadi donor darah juga bagian dari mewujudkan iman dalam perbuatan dimana dengan dilandasi rasa kemanusiaan dan kasih , kita dapat memberi tanpa meminta kembali dan seperti yang diajarkan seorang bijak “Dengan memberimaka kita akan mendapat” minimal dengan donor darah kita menjadi merasa berguna walau hanya setitik untuk sesama yang membutuhkan.
Jadi tunggu apalagi, segeralah mendatangi PMI untuk mewujudkan niat mulia, namun sekaligus tetap menjaga kesehatan kita artinya sambil menyelam minum air dimana kesehatan kita tetap terjaga namun yang tak kalah penting adalah kita tidak akan kehilangan apa-apa namun justru mendapat dan menemukan keluarga baru yakni para komunitas para pendonor sukarela tetap dan rutin serta petugas PMI yang membantu kita dalam melakukan tes dan pengambilan darah, segelas susu + telor dan tablet penambah darah.

Entry filed under: Sosial. Tags: .

Mendidik anak bercita cita menjadi kaya raya namun baik hati , salahkah ? Fund raising, salah satu jalan menuju kemandirian Organisasi Petani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Oktober 2011
S S R K J S M
« Mei   Nov »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Tamu Adikarsa

  • 49,101 pengunjung

Klik tertinggi

  • Tak ada

%d blogger menyukai ini: