Membangun ekonomi rakyat melalui gerakan koperasi yang benar-benar merakyat (Catatan kecil ketika mendampingi mitra -organisasi petani magang di KAN JABUNG).

Juni 19, 2012 at 11:13 am Tinggalkan komentar

Merupakan sebuah peluang dan sekaligus berkah ketika boleh mengunjungi dan melakukan magang bersama teman-teman dari organisasi petani di Flores ke salah satu koperasi di Malang yakni di KAN Jabung. Meski hanya dalam waktu sebentar selama 4 hari dan pasti belum banyak yang dapat dipelajari dan belum mengetahui secara pasti kondisi senyatanya mengenai koperasi tersebut.

Namun yang menarik adalah bagaimana melihat perjalanan sebuah koperasi yang dibangun dari puing-puing kebangkrutan sebuah KUD karena salah urus oleh pengurus sebelumnya yang tidak bertanggung jawab, namun ternyata dengan tekad dan berbekal kejujuran mampu dibangkitkan kembali dalam kejayaan oleh orang muda yang idealis dan berani menerima tantangan jaman. Sungguh sulit masuk di akal, bagaimana seorang muda mau menerima tantangan untuk mengelola koperasi yang telah berhutang Rp 35 juta di tahun 1985 dengan asset hanya Rp 1,5 juta, namun kemudian mampu bangkit secara perlahan-lahan membangun kembali kepercayaan yang telah hilang meski harus melalui kunjungan dari pintu ke pintu untuk kemudian mampu melunasi kembali hutangnya dan bahkan mampu meningkatkan asset/kekayaan secara nyata dari tahun ke tahun sehingga mencapai milyaran rupiah.

Dalam berbagi pengalaman, orang muda waktu itu yang kemudian dikenal sebagai Bapak Drs. Ec A.Ali Suhadi MM yang menjadi Manajer Umum KAN Jabung menjelaskan bagaimana dengan kegigihan dan tak lupa dan tak kalah penting adalah karena pertolongan invisible hand atau tangan yang tak kelihatan yakni dari Tuhan YME, koperasi ini berhasil dibangun kembali ditengah puing reruntuhan . Semangat yang tinggi dan tekad yang kuat, disertai dengan keiklasan untuk berkorban, membantu serta melayani petani yang membutuhkan layanan koperasi untuk dapat keluar dari masalah kemiskinan telah membulatkan tekad para pengurus baru yang hanya berjumlah 5 orang  untuk berjuang bersama  dengan apa yang ada dan seadanya namun dilandasi kejujuran dan sikap amanah telah mampu mengantar koperasi ini keluar dari krisis. Keyakinan akan keberhasilan koperasi di masa yang akan datang karena didasari niat baik membantu petani tebu keluar dari jerat kemiskinan serta komitmen dan ketulusan untuk berbuat baik bagi banyak orang telah mendorong pengurus untuk bekerja keras dan cerdas, tidak cengeng maupun mengeluh, namun terus mencari solusi dan terobosan baru termasuk mendatangkan bantuan untuk pengadaan sapi perah yang dalam kondisi bunting 5 bulan sebanyak 470 ekor untuk dibagikan pada anggota sebagai bagian strategi meningkatkan pendapatan melalui produk susu sapi.

Yang pantas diacungi jempol adalah kebersamaan yang terus dibangun sesuai dengan tiga pilar koperasi yakni ; “Usaha yang sehat, organisasi yang kuat dan partisipasi  anggota” benar-benar diterapkan dan tidak mau menjadikan koperasi hanya untuk melayani kepentingan segelintir pengurus, namun harus sesuai dengan roh koperasi yakni melayani anggota dalam rangka membangun kesejahteraan bersama, bukan hanya sekedar membagi SHU. Meski telah berkembang pesat menjadi seperti konglomerasi mengingat banyaknya layanan bisnis yang digeluti , namun spirit berkoperasi tidak pernah pudar, partisipasi dan suara anggota tetap didengar meski dengan menggunakan system perwakilan mengingat jumlah anggota yang semakin banyak dan sebaran serta luas daerah layanan yang semakin meluas.

Nilai-nilai dasar koperasi yang meliputi ; Menolong diri sendiri (Self help), Tanggung jawab sendiri (Self responsibility), Demokrasi (Democracy), Persamaan (Equality), Keadilan (Equity) dan Kesetiakawanan (Solidarity) terus dipegang teguh dan dilaksanakan di KAN Jabung.

Demikian pula nilai etis yang meliputi ; Kejujuran (Honesty), Keterbukaan (Openess), Tanggung jawab social (Social responsibility), dan Kepedulian terhadap orang lain (Caring for others) terus menjadi siprit dalam perjalanan koperasi selama ini.

Motto yang diambil yakni “Melayani dan Memberdayakan” juga tidak terlepas dari nilai-nilai yang dianut sehingga wajar apabila KAN Jabung sangat peduli pada pemberdayaan anggotanya dan sifat pelayanan prima yang total pada anggotanya.

Perekrutan calon anggota untuk menjadi anggota semakin diperketat atas dasar pengalaman yang diperoleh selama perjalanan koperasi karena bukan kuantitas anggota yang lebih diutamakan, namun kualitas dari anggota yang harus diutamakan sehingga petani yang masuk koperasi memang benar-benar yang mau hidup untuk saling membantu, bergotong royong dan memiliki solidaritas yang kuat untuk saling membantu dan menguatkan.

Pengembangan SDM untuk keberlanjutan

Dalam kegiatan magang, yang menarik untuk dipelajari adalah bagaimana upaya serius dan terus menerus dari KAN Jabung untuk secara konsisten mengembangkan SDM-nya melalui berbagai jalan baik secara formal maupun informal (training, magang, studi banding dll). Hal ini diperkuat dengan pernyataan bahwa koperasi ini telah mempoklamirkan diri sebagai organisasi pembelajar (learning organization) dan menjadikan Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management) sebagai bagian penting dari pengembangan dan kemajuan koperasi. Terbukti koperasi ini telah mengalokasikan  dana khusus untuk pendidikan anggotanya yang jumlahnya sangat memadai, serta menyediakan beasiswa bagi karyawan dan anak-anak anggota untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini dimotori dan diteladankan sendiri langsung oleh Manajer Umum Bp Ali yang melanjutkan pendidikannya sampai jenjang S2 dan saat ini sudah ada 6 orang pengurus dan karyawan yang S2, dan puluhan yang berpendidikan S1.

Selain menyediakan beasiswa, KAN Jabung juga melengkapi diri dengan perpustakaan untuk pusat pembelajaran dengan menyediakan informasi terkait pengembangan bisnis, pengorganisasian dan informasi lainnya yang dibutuhkan. Pengembangan SDM tidak hanya dari sisi intelektualitas, tetapi yang tidak kalah pentingnya adalah pengembangan integritas pribadi pengurus dan karyawan  melalui kegiatan kerohanian seperti pengajian bersama, sholat berjamaah, tauziah, mengikuti training ESQ.

Sebagai koperasi yang tidak melupakan fungsi sosialnya, KAN Jabung juga melaksanakan CSR (Cooperative Social Responsibility) berupa kegiatan sosial kemasyarakatan seperti mengadakan khitanan massal, penyembelihan hewan qurban, sumbangan pembangunan desa, masjid dan musholla, sumbangan hari besar nasional dan keagamaan, sumbangan untuk bencana alam, sumbangan untuk pembangunan prasarana dan sarana umum, sumbangan untuk panti asuhan, sumbangan untuk sarana pendidikan, penyediaan mobil ambulan untuk masyarakat dll.

Pengembangan dan penguatan system koperasi

Selain pengembangan SDM untuk keberlanjutan,KAN Jabung juga melakukan pengembangan dan penguatan system di segala lini organisasi koperasi dengan jalan menerapkan manajemen modern untuk memastikan semua mekanisme berjalan dan memastikan tidak ada lagi celah dan peluang untuk penyalahgunaan kekuasaan/jabatan.

KAN Jabung sejak awal telah menetapkan visi, misi,nilai, AD/ART, struktur organisasi, dan dalam perkembangannya melengkapi diri dengan penetapan peraturan untuk karyawan, merumuskan motto, membuat Renstra, kebijakan secara tertulis, serta di tataran operasional membangun, jobdes, sisdurja (SOP) dll yang harus dipahami dan ditaati tanpa perkecualian oleh semua pengurus maupun pelaksana. Pengelolaan yang mendasarkan pada prinsip-prinsip manajemen modern dan pengkaderan yang terus dilakukan untuk memastikan pengelolaan koperasi kedepan berjalan sesuai dengan harapan tanpa ada permasalahan yang berarti yang dapat membuat kondisi koperasi menjadi mundur dan terpuruk serta untuk menjamin keberlanjutan koperasi dalam melayani anggota menuju sejahtera. Terlihat dengan strategi pengembangan SDM yang berintegritas, professional dan dengan tekad dan semangat untuk memberikan layanan terbaik bagi anggota maka diharapkan keberadaan KAN Jabung akan tetap eksis sepanjang masih dibutuhkan anggota.

Dampak berganda keberadaan koperasi

Dampak bagi masyarakat di sekitarnya juga sangat nampak, dimana perputaran roda ekonomi semakin terlihat karena banyaknya uang yang masuk dari hasil penjualan susu yang dibayarkan setiap periode tertentu (10 hari sekali). Hal ini tidak terlepas dari perjuangan KAN Jabung dalam meningkatkan produksi susu yang berkualitas melalui berbagai cara dan penyediaan sarana yang memadai untuk pengumpulan dan pengolahan susu seperti perangkat pendingin susu dan mobil tanki yang siap membawa susu segar milik petani ke pabrik. Keberadaan KAN Jabung telah memberi rasa aman peternak sapi perah karena ada jaminan pasar dengan harga yang lebih baik dan stabil tidak mengalami fluktuasi karena KAN Jabung telah mampu memangkas sehingga rantai pemasaran langsung kepada pengguna akhir (end user).

Selain itu, KAN Jabung juga melakukan pendidikan secara terus menerus mengenai perilaku hidup hemat dengan melaksanakan pelatihan pengelolaan ekonomi rumah tangga dan tidak pernah bosan selalu mengajak anggotanya untuk terus berinvestasi dengan memperbesar skala usaha di tingkat petani dalam upaya memenuhi dan meningkatkan kemampuan KAN Jabung dalam memasok susu ke pabrik di satu sisi dan meningkatkan pendapatan peternak di sisi lain.

Kekuatan lainya dari koperasi ini adalah kemampuannya membangun network atau jaringan kerja yang sangat luas dan meliputi semua para- pihak (multi stakeholder) yang terkait dengan bisnis yang digelutinya dan sudah mengantisipasi perubahan yang sangat cepat di era globalisasi . Melalui kerja sama yang saling menguntungkan, KAN Jabung terus memperkuat diri menghadapi perubahan dan pesaing dari luar dengan strategi membangun kolaborasi dan melakukan investasi yang beragam di banyak bisnis sehingga dengan melakukan diversifikasi bisnis dan investasi maka asset KAN Jabung menjadi lebih terlindungi dan mampu mengurangi resiko jika terjadi goncangan ekonomi baik di skala global, regional maupun nasional. Dsiini terlihat dengan cerdas KAN Jabung telah menerapkan manajemen resiko (risk management) dengan tidak hanya mengandalkan pada bisnis tunggal dan menjadikan dirinya sebagai investor di banyak bidang bisnis.

Menarik untuk diamati, hampir semua kebutuhan anggota dilayani oleh koperasi mulai dari pemasaran bersama susu segar, kebutuhan sembako oleh swalayan, pinjaman oleh unit simpan pinjam, BPR dan BMT, sapronak, transport, pendingin susu, material bangunan, perbaikan motor, pengembangan biogas untuk memanfaatkan kotoran sapi dll.

Koperasi ini menjadi sangat kuat karena tidak hanya menangani satu jenis usaha, namun terus merambah pada usaha lain seiring dengan kebutuhan anggota yang terus bertambah  sehingga semua perputaran uang dari pembelanjaan pendapatan anggota kembali lagi mengalir ke koperasi sebagai sebuah siklus yang berkelanjutan dan menjadi keuntungan yang kembali dibagikan pada anggota. Selain itu kekuatan koperasi ini terletak pada belasan jenis layanan pada anggota yang menyebabkan anggota merasa sangat terbantu dan terikat dengan koperasi sehingga tidak ada keingingan untuk keluar dari keanggotaan karena mendapat banyak kemudahan dengan hadirnya koperasi ini.

Inilah salah satu contoh karya nyata anak bangsa yang tanpa banyak pencitraan dan gembar gembor, namun dengan menganut filosfi padi yang semakin berisi semakin merunduk, KAN Jabung telah mampu menghadirkan diri sebagai saksi hidup bahwa pilihan Bung Hatta (sebagai bapak koperasi Indonesia) untuk pengembangan koperasi  sebagai soko guru ekonomi nasional  adalah tepat untuk menjadikan koperasi sebagai strategi pengembangan ekonomi rakyat yang berkeadilan dan mampu untuk terus memupuk rasa kebersamaan sebagai sebuah bangsa dan yang tak kalah penting  adalah upaya membangun kesejahteraan bersama sebagai wujud penerapan sila ke-5 PANCASILA.

Dan jika ingin mengenal lebih jauh mengenai KAN Jabung tinggal search di Google ketik  KAN Jabung  atau di kanjabung.blogspot.com/

Entry filed under: Ekonomi Rakyat. Tags: .

Kejayaan negeri yang semakin menjauh karena Pancasila dilupakan. Memaknai kehidupan dengan melakukan kebaikan untuk sesama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori

Juni 2012
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Tamu Adikarsa

  • 49,101 pengunjung

Klik tertinggi

  • Tak ada

%d blogger menyukai ini: